Super Bayern sebagai Mimpi Buruk Lyon

Olympique Lyon memiliki semifinal kedua Liga Champions. Langkah terjauh yang pernah diambil Les Gones. Bandarq mengatakan, Yang pertama terjadi pada 2009-10 ketika mereka kalah 0-4 secara keseluruhan melawan Bayern Munich.

Sekali lagi, Bayern yang bertemu mereka di semifinal. Kedua tim bertanding di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Kamis (20/8) pukul 02.00 WIB. Setelah sepuluh tahun, satu-satunya gol Arjen Robben dan hat-trick Ivica Olic ke gawang Hugo Lloris dalam dua pertandingan.

Hanya Thomas Mueller dan David Alaba yang masih tampil di pertandingan tersebut. Mueller menghabiskan musim penuh pertamanya sebagai pemain profesional bersama Louis van Gaal. Sedangkan Alaba hanya sesekali menembus skuat utama klub Bavaria itu. Sebagai tulang punggung tim hingga saat ini, Mueller dan Alaba siap kembali mencederai Lyon.

Nama lainnya, Corentin Tolisso. Lulusan akademi Lyon berperan sebagai penjaga gawang pada pertandingan ini. Dia sekarang berada di sisi tim yang membantai bekas klubnya.

Dengan kemenangan legendaris ini, Bayern memasang paku terakhir di dada kesuksesan Lyon pada tahun 2000. Klub tersebut meraih tujuh gelar Ligue 1 dan meraih gelar terbaik di kompetisi elit Eropa.

Pada awal musim 2009-10, Lyon baru saja melepas gelandang flamboyan Juninho Pernambucano dan bintang muda Karim Benzema. Kemenangan yang tersisa dilanjutkan dengan merekrut Lisandro Lopes sebagai bintang utama di babak semifinal Liga Champions. Selama dekade berikutnya, kemenangan domestik bergeser ke skuad ibu kota.

Sepanjang sejarah, FC Hollywood telah menang empat kali, seri dua kali dan kalah dua kali dari Les Gones. Semifinal malam itu akan menjadi laga ke-12 mereka, hanya dikalahkan oleh Real Madrid (13 kali). Mereka menolak terjebak di semifinal sejak menjuarai turnamen pada 2012-13.

Modal besar

Bayern akan memenangkan Liga Champions musim ini. Tidak hanya dalam pengalaman mereka menang, tetapi juga bagaimana mereka memperoleh hasil yang dominan. Di perempat final, mereka mengalahkan Barcelona 8-2.

Kemenangan besar tersebut tak hanya memungkinkan Bayern masuk ke empat tim terakhir. Tapi soal kemungkinan Barcelona mengakhiri era Lionel Messi. Pelatih Quique Setien dan direktur olahraga Eric Abidal langsung dipecat. Bek senior Gerard Pique siap diundang klub untuk hengkang. Parahnya, rumor tersebut masuk akal soal transfer Lionel Messi ke klub lain dalam waktu dekat.

Leon Goretzka mengaku jujur, sedikit senang melihat Messi menderita setelah tersingkir. Sementara itu, Mueller dengan gayanya yang longgar juga terang-terangan mengatakan timnya lebih kuat di Barcelona dibanding saat Jerman yang juga memperkuat dirinya mengalahkan Brasil 7-1.

Lyon pun melewati babak perempat final dengan gemilang. Taktik Rudi Garcia mengatasi Pep Guardiola. Garcia 3-5-2 melumat pelatih botak 3-4-1-2. Lima gelandang Lyon berhasil bersaing ketat dengan gelandang Man City, yakni minus David Silva, Riyad Mahrez dan Bernardo Silva di awal pertandingan.

Houssem Aouar menjabat sebagai master di bidangnya. Dia memiliki banyak poin dan pasti mencetak dua gol di depan. Tak heran, surat kabar L’Equipe memberikan 9 dari 10 bintang muda yang bahkan tidak hadir di timnas senior Prancis.

Sejak memulai debutnya musim lalu, dia sudah menyumbangkan tujuh assist dalam 14 penampilan Liga Champions. Hanya Kylian Mbappe (10) dan Riyad Mahrez (8) yang memiliki rekor lebih banyak dari Aouar.

Jelas dua pencetak gol Maxim Cornet, yang terlalu rajin mencetak gol ke gawang Man City selama karier mereka. Sementara itu, Moussa Dembele berhasil mengajukan pertanyaan dari banyak klub Liga Premier mengapa mereka tidak merekrutnya setelah bersinar bersama Glasgow Celtic.

Kedua pelatih tim semifinal tersebut memiliki misi masing-masing. Rudi Garcia mengincar manajer Prancis yang mampu mengantarkan tim Ligue 1 ke final Liga Champions. Didier Deschamps bersama AS Munich melakukannya pada 2004. Garcia tak peduli dengan aktivitas Bayern musim ini. Tanpa status yang lebih tinggi, Lyon terbukti mampu menyingkirkan Juventus dan Manchester City.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *