Ini Lho Pengertian Hirsutisme, Wanita Wajib Tahu!

Ada banyak perbedaan antara pria dan wanita, salah satunya adalah tumbuhnya bulu atau rambut di area-area tertentu. Namun, meski begitu ada juga wanita yang memiliki rambut yang tidak umum terjadi pada wanita kebanyakan. Seperti pengertian hirsutisme menurut alodokter.com, yaitu keadaan di mana rambut tebal yang tumbuh pada seorang wanita di bagian-bagian tubuh yang jarang sekali terjadi pada wanita-wanita lainnya. Contohnya, tumbuhnya rambut pada wajah wanita, dada, serta punggung. Sedangkan untuk kelebatan rambut yang tumbuh, semuanya tergantung dari faktor gen atau keturunan di keluarganya.

Hirsutisme ini terjadi tidak dalam jangka waktu yang pendek, melainkan berjangka waktu panjang. Maka dari itu, bagi wanita yang mengalaminya, pasti akan merasa aneh pada dirinya sendiri dan bingung, bahkan ada pula wanita yang langsung panik. Untuk kamu wanita yang kebetulan menderita penyakit ini, tenang saja karena ada pengobatan yang bisa kamu lakukan.

Gejala 

Sebelum kamu menuju pengobatan untuk penyakit ini, kamu harus bisa mengenali gejala-gejala yang terjadi pada wanita ketika ia mengalami Hirsutisme. Tentu saja gejala yang terjadi adalah munculnya rambut atau bulu yang seharusnya tidak terjadi pada wanita melainkan pada pria. Rambut-rambut tersebut tumbuh pada bagian wajah, leher, dada, punggung di bagian bawah, serta pada bokong. 

Tidak hanya tumbuhnya rambut di area yang tidak wajah, adanya perubahan pada suara pun bisa menjadi gejala untuk penyakit ini, dilihat dari pengerti Hirsutisme sendiri, penderita wanita akan seperti pria. Selain itu, gejala lainnya yaitu kulit yang menjadi berminyak, tumbuhnya jerawat, periode mentruasi yang tidak teratur, bahkan ada pula wanita yang tidak mengalami menstruasi sama sekali.

Penyebab

Penyebab dari adanya penyakit Hisutisme ini merupakan hormon androgen yang terlalu tinggi pada wanita atau bisa juga karena tubuh wanita tersebut menjadi lebih sensitif terhadap hormon androgen ini.  Bagi kamu yang tidak mengetahui apa itu hormon androgen, yaitu hormon yang fungsinya adalah mengatur karakteristik untuk pria seperti suara serta rambut-rambut yang tumbuh di tubuh. Memang, hormon ini sendiri dikenal sebagai hormon untuk pria, tetapi juga diproduksi di dalam tubuh seorang wanita, perbedaannya ialah pada kadar yang lebih sedikit dibandingkan pada tubuh pria. 

Untuk wanita yang masih muda, penyakit Hisutisme ini bisa terjadi akibat adanya polycystic ovary syndrome (PCOS) atau sindrom ovarium polikistik. Keadaan di mana wanita bisa menderita kista di dalam indung telur yang mengakibatkan menstruasi menjadi tidak lancar dan tidak teratur. 

Keadaan-keadaan yang memang jarang terjadi tetapi tetap bisa menyebabkan Hisutisme antara lain ialah kelebihan berat badan atau obesitas, sindrom cushing atau gangguan pada hormon yang menyebabkan berat pada tubuh yang mendadak naik, juga bisa menjadi penyebab dari penumpukan pada leher. Adapula karena tumor yang memang menyerang indung telur serta kelenjar adrenal. 

Akromegali atau keadaan di mana tubuh bisa menghasilkan hormon pertumbuhan yang terlalu banyak bisa menjadi penyebab penyakit ini muncul. Kemudian ada hiperplasia adrenal kongenital atau kelainan dari genetik yang dapat mempengaruhi bagian dari kelenjar adrenal ketika menghasilkan hormon androgen dan kortisol.  Kortisol ialah hormon yang berasal dari kelenjar adrenal, fungsi dari kortisol sendiri untuk mengatur atau mengontrol perasaan atau suasana hati serta pengatur tekanan darah.

Dari pengertian Hirsutisme, bisa muncul juga dari efek obat-obatan seperti orang yang menggunakan steroid yang bisa meningkatkan massa dari otot, danazol yang juga untuk mengatasi endometrisis, serta obat untuk depresi seperti fluoxetine.

Itulah ulasan mengenai pengertian hirsutisme yang wajib diketahui oleh wanita. Nah, karena kamu sudah mengetahuinya, kamu bisa lebih peka terhadap gejala dan tidak perlu panik lagi. Semoga artikel ini bremanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *