Tips Simple Mengenai Cara Membuat Website Jualan

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, tampaknya keberadaan sebuah website memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakatnya. Ya, melalui sebuah website, kita pun dapat mengetahui tentang info-info yang selama ini belum kita ketahui. Ada beragam jenis website yang tersebar di mesin pencarian Google mulai dari situs onlineshop, situs edukasi, situs fashion, situs olahraga, dan lain sebagainya. Itu sebabnya, mengapa kebanyakan masyarakat kita lebih mengandalkan website ketimbang media di televisi. Namun yang jadi pertanyaannya, bagaimanakah cara membuat sebuah website tersebut? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai cara membuat website, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Tentukan Dulu Ide Websitenya
    Hal pertama yang harus kalian perhatikan sebelum membuat sebuah website, yakni menentukan dulu ide websitenya. Dalam hal ini, kalian bisa mendapatkan inspirasi ide website yang unik dan menarik melalui browsing. Adapun mengenai tipe website yang paling banyak dikunjungi seperti di bawah ini:
    * Website E-Commerce
    Situs e-commerce atau yang sering kita sebut dengan toko online, merupakan salah satu jenis website yang saat ini paling banyak dikunjungi. Hal itu pun terbukti, dimana ada banyak sekali situs-situs e-commerce yang bisa kita jumpai di mesin pencarian Google. Dengan mengusung konsep drop shipping, maka semua orang dapat melakukan kegiatan jual beli online secara mudah. Pada situs e-commerce, tentu saja kamu juga bisa menjual berbagai macam produk layaknya toko di dunia nyata. Misalnya seperti hijab dian pelangi, jersey, kerudung, dan robani.
    * Blog
    Selain e-commerce, blog juga termasuk salah satu jenis website yang paling banyak dicari lho. Blog ini berisikan konten artikel yang biasanya membahas berita-berita yang sedang menjadi trending topic. Agar blog kamu ramai dikunjungi, sebaiknya buatlah artikel yang tulisannya ringan dan unik agar mudah dipahami oleh para pembacanya.
    * Website Edukasi
    Dalam website edukasi, maka kamu bisa membuat konten kursus atau tutorial yang sesuai dengan bidang kamu sukai. Misalkan saja kamu gemar mahir dalam bermain gitar, kamu pun bisa berbagi-bagi ilmu tentang cara bermain gitar.
  2. Register Nama Domain
    Setelah kamu menemukan ide website, maka langakah kedua yang harus dilakukan adalah membuat nama yang unik untuk websitenya. Adapun mengenai cara membuat namanya sebagai berikut: Lakukan brainstorming pada nama-nama website yang berpotensi -> Gunakan fitur cek domain -> Ketik nama domain yang diinginkan di fitur pencari -> pilih nama domain terbaik -> selesaikan order dan registrasi domain. Adpaun mengenai tips dalam membuat nama seperti dibawah ini:
    * buat domain dengan ekstensi .com.
    * buat alternartif nama domain.
    * nama domain dibuat sesingkat mungkin.
    * jangan menggunakan tanda penghubung dan angka.
  3. Memilih Web Hosting
    Menurut informasi yang didapat, setidaknya ada 3 layanan hosting yang akan memudahkanmu dalam membuat web hosting. Ya, layanan hosting yang dimaksud tadi diantaranya adalah Shared Hosting, Cloud Hosting, dan VPS Hosting.
  4. Memilih Platform dan Buat Website
    Dalam memilih platform dan membuat website, setidaknya ada 4 tool yang sering digunakan seperti dibawah ini :
    * Sistem manjemen konten.
    * Script e-commerce.
    * Website builder.
    * Self Coled Website.

Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan? Itulah beberapa tips simple mengencai cara membuat sebuah website yang tentu saja harus kamu coba. Dalam hal ini, sangat disarankan bagi kamu untuk menggunakan WordPress!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *