Beberapa Cara Irit Gunakan Pulsa Listrik yang Mudah

Cara irit gunakan pulsa listrik sebenarnya cukup simple dan mudah. Anda hanya tinggal mengubah kebiasaan serta menggunakan fasilitas dan teknologi yang sudah terdapat di pasaran. Listrik memang menjadi sebuah masalah klasik karena tarifnya terus naik setiap tahunnya tanpa diiringi dengan kenaikan gaji. Hal itu menuntut kita untuk berhemat agar anggaran belanja tidak bocor.

Cara Irit Gunakan Pulsa Listrik yang Bisa Dilakukan

  1. Matikan lampu yang tidak dipakai

Cara irit gunakan pulsa listrik yang pertama yaitu dengan mematikan lampu Anda ketika tidak lagi digunakan. Cara ini cukup efektif karena walaupun terkesan sepele namun apabila diakumulasikan maka akan menjadi sebuah penghematan yang besar. Ubahlah kebiasaan dengan mematikan lampu kamar mandi ketika selesai menggunakan, matikan lampu ketika tidur, dan matikan lampu ketika hendak keluar rumah. Mungkin itu terlihat sepele namun rasakanlah manfaatnya.

  1. Ganti semua lampu dengan lampu LED

Cara hemat gunakan pulsa listrik yang kedua yaitu dengan mengganti lampu Anda. Gantilah lampu Anda dengan lampu dengan teknologi LED. Meskipun lampu LED memiliki harga yang relatif lebih mahal daripada lampu yang biasa namun pikirkanlah penghematan yang bisa Anda dapatkan. Lampu LED memiliki intensitas cahaya yang sama dengan watt yang lebih kecil. LED 7 watt sama dengan lampu bohlam 60 watt. Mengganti lampu rumah menjadi LED sangat menghemat anggaran listrik setiap bulan rumah Anda.

  1. Cabut steker yang tidak dipakai

Tips menghemat listrik selanjutnya yaitu lakukan pencabutan steker jika sedang tidak digunakan. Membiarkan steker listrik tetap tertancap pada stop kontak akan membuat tagihan listrik tetap berjalan meskipun alat tidak sedang digunakan. Selain itu membiarkan steker listrik juga akan meningkatkan resiko kerusakan alat elektronik. Jadi selain boros listrik membiarkan steker juga merugikan karena akan merusak alat elektronik. Hal yang mungkin banyak terjadi adalah membiarkan charger ponsel tertancap pada stop kontak. Perlu Anda ketahui bahwa membiarkan charger tetap menancap akan memakan daya listrik 1 watt untuk 1 jamnya.

  1. Mengatur penggunaan alat elektronik berdaya besar

Tips menghemat listrik lainnya yaitu dengan menjadwalkan penggunaan alat elektronik dengan daya besar. Beberapa alat elektronik dengan daya besar seperti AC, dispenser, rice cooker, water heater, mesin cuci, magic com, dan lain sebagainya. Gunakanlah alat tersebut dengan terjadwal. Misalnya gunakan mesin cuci hanya 2 kali seminggu. Matikan dispenser dan beralihlah ke kulkas untuk air dingin serta gunakan AC ketika malam hari saja. Hal itu cukup menghemat pemakaian listrik Anda.

Hal yang paling penting dalam penghematan yaitu mengajak seluruh keluarga Anda untuk berhemat. Penghematan tidak akan efektif ketika hanya dilakukan oleh satu orang saja. Itulah Cara irit gunakan pulsa listrik. Berhematlah dengan melibatkan keluarga Anda karena efeknya akan lebih terasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *