Tempat Wisata di Medan yang Bisa Kamu Kunjungi

Kota Medan dikenal sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia. Dengan julukan sebagai kota multi-etnis, Medan sering juga menjadi tujuan wisata bagi pelancong, baik domestik maupun asing. Juga didukung oleh sejumlah Tiket Pesawat Medan Solo dan juga tempat wisata di Medan, yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Tempat wisata mana di Medan yang bisa Anda kunjungi?

  1. Tjong A Fie Mansion
    Rumah Tjong A Fie adalah tujuan wisata wajib pertama yang dikunjungi di Medan. Tujuan wisata di Medan ini adalah sebuah museum yang dulunya merupakan rumah dari seorang penjual bahan makanan Cina yang terkenal bernama Tjong A Fie. Pada tahun 2009 rumah ini secara resmi digunakan sebagai museum dan manajemen dipimpin oleh keturunan Tjong A Fie. Perlu dicatat bahwa rumah ini mulai dibangun pada tahun 1895 dan selesai pada tahun 1900 dengan luas 8.000 meter persegi. Di dalam ada total 35 kamar. Rumah ini dilengkapi dengan kombinasi art deco, elemen Cina dan Malaysia. Konon, pembangunan rumah ini didasarkan pada desain Cheong Fatt Tze Mansion di Penang, Malaysia.
  2. Istana Maimun
    Objek wisata berikutnya di Medan yang bisa Anda kunjungi adalah Istana Maimun. Bangunan ini sering disebut sebagai salah satu istana terindah di Indonesia. Yang paling unik dari arsitektur istana ini adalah kombinasi unsur-unsur dari Melayu, Islam, India, Spanyol dan Italia. Elemen Malaysia diwakili oleh penggunaan warna kuning yang mendominasi istana ini. Sementara itu, penggunaan lampu, meja, kursi, dan pintu geser di gedung ini mewakili elemen Eropa. Belum lagi, atap dengan busur seperti perahu terbalik adalah desain yang sering ditemukan di Timur Tengah.
  3. Masjid Raya Medan
    Masjid Agung Medan adalah tujuan wisata wajib berikutnya untuk mengeksplorasi di Medan. Bangunan ini memiliki umur yang tidak jauh berbeda dari rumah Tjong A Fie, konstruksi dimulai pada tahun 1906 dan selesai pada tahun 1909. Bangunan itu sangat mencolok dengan bentuk segi delapan dan gaya arsitektur bercampur antara Timur Tengah, Spanyol dan India. Pembentukan Masjid Agung Medan juga merupakan bukti toleransi antar umat beragama di Medan. Konon, Tjong A Fie juga telah menyumbangkan uang untuk pembangunan masjid ini. Desain yang indah membuat pembangunan Masjid Medan Raya biaya besar, dengan total 1 juta emas pada waktu itu. Dengan kompensasi yang begitu besar, tidak mengherankan bahwa Masjid Agung, juga dikenal sebagai Masjid Agung Al Mashun, mengalahkan kemewahan istana. Selain itu, bahan dan furnitur di masjid sengaja diimpor dari luar negeri. Misalnya, marmer dari Italia, kaca patri dari Cina dan lampu gantung yang diimpor dari Perancis.
  4. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery
    Objek wisata berikutnya di Medan adalah museum hewan pertama di Asia Tenggara, Rahmat International Wildlife Museum & Gallery. Di tempat wisata Medan tentang hal ini Anda bisa melihat keberadaan berbagai jenis binatang yang diburu. Total lebih dari 2000 koleksi hewan tersedia di sini. Hewan-hewan ini tersedia dari berbagai negara, baik dari Asia, Afrika atau Amerika. Spesies hewan yang dilestarikan juga lengkap, mulai dari naga, kambing gunung, harimau hingga rusa.
  5. Gedung London Sumatera
    Gedung London Sumatra (Lonsum) bisa menjadi tujuan selanjutnya. Bangunan ini dibangun pada tahun 1906 dengan Ratu Juliana dari Belanda. Bangunan ini dicirikan oleh perusahaan bernama Harrisons & Crosfield (H&C) dari Inggris. Bangunan ini dikenal sebagai bangunan modern sejak saat itu. Buktinya, bangunan itu, yang kemudian dijual kepada pemerintah Belanda, adalah bangunan pertama di Medan yang menggunakan lift. Keberadaan lift juga memudahkan pengunjung untuk mencapai total 5 lantai di gedung ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *