Menyetek Tanaman yang Mudah dan Benar

Pada kesempatan yang baik ini https://rumusrumus.com/ akan menjelaskan mengenai cara menyetek tumbuhan dengan benar. Apabila anda belum begitu paham atau belum mengetahui mengenai cara menyetek tumbuhan, maka silahkan menyimak beberapa penjelasan ini. Pastinya agar anda lebih paham mengenai ilmu menyetek maka silahkan simak penjelasan singkat ini sampai selesai.

Ilmu pertanian menyebutkan kalau cara memperbanyak suatu tanaman yaitu dengan cara menyetek tanaman. Budidaya tanaman ini caranya yaitu dengan memotong bagian tumbuhan kemudian ditanamkan pada media tanah dengan jangka waktu tertentu.

Sistem penyetekan ini merupakan sebuah pengoptimalan pembentukan akar baru dari hasil setekan. Namun perlu kita ketahui bersama bahwa tidak semua jenis tanaman dapat diterapkan sistem setek batang. Ilmu ini pastinya untuk mengurangi terjadinya kegagalan saat melakukan proses setek batang.

Sebelum anda melakukan proses stek batang maka lebih baik anda siapkan dulu alat yang dibutuhkan yaitu Polybag, gunting yang tajam dan tanaman yang dapat disetek adalah tanaman yang induknya sehat dan tidak terserang hama.

Sebelum melakukan proses stek maka siapkan dulu media yang akan anda gunakan untuk stek. Media yang disiapkan ini berisi pasir, tanah dan pupuk kompos. Kemudian semua bahan ini anda campur dan masukkan ke sebuah polybag.

Kalau media tanamnya sudah siap maka anda bisa melanjutkan ke proses pemotongan batang tumbuhan. Kalau pada batang yang masih muda maka lebih baik memotong pohon dengan ukuran panjang 10-12 cm. Silahkan buang beberapa daun sehingga menyisakan beberapa daun saja.

Kalau tumbuhan yang anda stek pohonnya sudah keras maka panjangnya silahkan potong sekitar15-20 cm. pada tahap pemotongan ini silahkan cari bagian yang lebih lunak. Tahap selanjutnya yaitu penyambungan batang. Pada tahap ini anda bisa menambahkan zat perangsang pertumbuhan yang akan anda setek ini. caranya cukup mudah yaitu silahkan masukkan ujung batang yang akan di setek pada zat tersebut. Kemudian silahkan sambung ke bagian batang yang sudah anda belah.

Apabila keduanya sudah tersambung maka silahkan bungkus dengan sebuah plastik yang terang. Tujuannya agar sinar matahati bisa masuk. Kemudian silahkan pindah tumbuhan tersebut pada lokasi yang teduh. Untuk mendapatkan hasilnya silahkan tunggu sekitar 1 minggu. Apabila stek anda sudah mencul akar baru maka silahkan pindah pada lokasi yang lebih besar. Kuncinya hasil setekan ini jangan sampai kekeringan, karena bisa bikin layu dan mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *