Syarat-syarat Pengucapan Lafal Laa Illaha Illallah

Sebagai umat Islam pastinya sudah mengamalkan kalimat Laa Illaha Illallah dalam kehidupan sehari-hari. Kalimat ini adalah kalimat tauhid yang mengesakan Allah dengan bentuk penetapan pada diri dan peniadaan atas sesembahan lain kecuali Allah saja. Jika kita sudah mengucapkan kalimat tauhid ini maka kita juga ikhlas melakukan segala perbuatan terutama ibadah hanya kepada Allah. Dilansir dari IslamExplored.org, perlu adanya pemahaman makna pada kalimat Laa Illaha Illallah agar bisa menyelamatkan kita dari jalan-jalan yang buruk. Karena seseorang tanpa adanya pemahaman yang baik mengenai makna kalimat itu maka tidak bermanfaat sekali bagi kehidupannya.

Dalam pengucapan kalimat suci tersebut ada beberapa syarat yang harus kita penuhi agar kalimat tauhid bisa menolong kita dari segala perbuatan terlarang. Yakin merupakan syarat pertama jika kita telah mengucapkan Laa Illaha Illallah dan tanpa ada keraguan di atasnya. Kita yakin bahwa tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah dan jika tidak didasari keyakinan pada diri maka pengucapan kalimat tauhid atau syahadat pertama ini tidak akan diterima. Selanjutnya adalah rasa ikhlas di dalam hati kita yang akan membantu menghilangkan semua kejelekan di dalam diri termasuk kesyirikan dan juga riya’. Gambaran ikhlas juga akan tercermin bagaimana kita patuh terhadap semua perintah dan larangan Allah serta menjalankan segala bentuk ibadah hanya mengharap ridho Allah semata.

Oleh karena itu lawan dari tauhid adalah kesyrikan yang mengharapkan segala sesuatu bukan kepada Allah tapi kepada mahkluk hidup lain seperti jin, pohon tua, benda-benda mati dan lain-lain. Lalu dalam pengucapan Laa Illaha Illallah juga disertai perasaan yang jujur dari dalam hati bahwa hanya menyembah dan memohon kepada Allah. Mencintai kalimat Laa Illaha Illallah adalah puncak dari rasa yang kita terima karena mengesakan Allah. Kita harus mencintai Allah, Rasul-Nya, Islam dan seluruh kaum Islam yang ada di muka bumi ini.

Pemahaman atas kalimat Laa Illaha Illallah secara otomatis juga akan membuat kita merasa pasrah, tunduk kepada Allah. Kita akan lebih menerima apa saja kehendak-kehendak Allah dalam kehidupan kita karena sejatinya itu adalah yang terbaik dan ada rencana lebih baik yang disimpan Allah untuk kehidupan kita. (sumber: IslamExplored.org)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *