Cara Memelihara Louhan Cencu

Anda nggak mau kan, ikan anda malah jadi nggak terawat lalu mati? Yuk, cek apa saja yang perlu anda siapkan. Ketika membeli akuarium untuk hewan peliharaanmu, hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah ukurannya. Idealnya, ukuran akuariumnya harus 3 – 4 kali lebih besar daripada ukuran ikannya. Hal ini tentu saja louhan cencu adalah ikan agresif yang suka sekali berkeliling di dalam akuarium. Sehingga anda harus menyediakan ruang yang cukup luas agar louhanmu bisa bergerak bebas dan tidak stres. Setelah anda memutuskan akan membeli salah satu dari jenis-jenis ikan louhan cencu misalnya, tentunya anda harus memperhatikan juga bagaimana cara memeliharanya.

  • Filter
    Kebersihan air didalam akuarium tentunya sangat penting untuk diperhatikan. Jika air akuarium anda kotor, kemungkinannya louhan anda akan cepat mati. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan alat filter atau penyaring air. Filter ini memiliki fungsi untuk media penyaringan air akuarium setiap saat agar selalu bersih. Namun, meskipun begitu anda masih perlu untuk mengganti air akuarium setidaknya sebulan sekali.
  • Lampu TL
    Penerangan dalam akuarium pun tidak kalah penting. Tentu saja tidak hanya sebagai sarana penerangan, tapi juga untuk mempercantik akuariummu. Salah satu caranya adalah menggunakan lampu pendar yang berbentuk lonjong yang biasa disebut dengan lampu TL (tubular lamp). Akan tetapi, lampu TL ini bisa menimbulkan suhu panas, sehingga dapat mempengaruhi suhu pada air akuarium. Oleh karenanya, anda perlu juga memperhatikan ukuran lampu TL yang akan anda gunakan. Ukuran lampu TL yang ideal untuk akuarium ukuran 80 cm x 40 cm adalah 20 watt.
  • Aerator
    Mungkin anda lebih mengenali alat ini dengan sebutan pompa udara. Aerator ini hal paling penting untuk menyalurkan udara dari luar ke dalam akuarium dan membuang udara sisa respirasi ikan ke luar akuarium.
  • Heater dan Termometer
    Jika anda menyimpan akuariummu di ruangan yang ber-AC atau pada lingkungan yang dingin, gunakanlah heater atau alat pemanas untuk membuat suhu air menjadi stabil. Untuk mengetahui apakah suhu airnya stabil, anda bisa menggunakan termometer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *