Bagi yang Mudah Lupa, 5 Tips Memperkuat Memori Harvard

Apakah Anda pikir Anda adalah orang yang sudah Anda lupakan? Jika demikian, artikel ini untuk Anda. Pada dasarnya, melupakan adalah sesuatu yang terjadi secara alami, terutama seiring bertambahnya usia, sehingga mudah untuk dilupakan, terkadang tak terhindarkan.

Namun, ini tidak berarti bahwa kita hanya harus menyerah seperti ini, karena IDN kali ini akan memberikan tips untuk memperkuat memori. Tanpa hati, saran-saran ini datang langsung dari salah satu universitas terkemuka dunia, Harvard atau Harvard Medical School. Nah, bagaimana dengan saran Harvard untuk memperkuat ingatan? Daripada penasaran, mari kita bahas bersama-sama segera!

1. Lebih terorganisir

Biasakan mengatur semua yang Anda lakukan dan miliki. Anda dapat menggunakan kalender, buku harian, atau daftar kontak. Jika Anda lebih teratur, Anda akan mengingat semuanya, karena informasinya diatur dengan jelas dan lebih mudah dibaca.

2. Pikirkan poin-poin penting

Ketika informasi baru masuk, hampir mustahil untuk mengingat semuanya. Oleh karena itu sangat disarankan agar Anda hanya mengingat poin-poin penting, karena Anda dapat memahami dengan lebih baik dalam kasus ini. Oleh karena itu, informasi yang Anda terima dapat disimpan untuk jangka waktu yang lebih lama.

3. Fokus pada kelima indera saat Anda menerima informasi baru

Inilah kunci perhatian. Ketika Anda mendapatkan informasi baru, fokuslah pada semua indera yang Anda miliki, karena ini membuat informasi yang lebih melekat pada otak. Cobalah untuk tidak melakukan banyak tugas selama masa studi Anda dan pastikan Anda benar-benar fokus.

4. Tempatkan informasi pada media

Jika Anda hanya menerima informasi baru, Anda harus mentransfernya ke media lain. Anda dapat merekamnya dalam buku harian atau memberikan contoh tentang apa yang baru saja Anda pelajari. Mempelajari hal-hal baru juga sangat efektif dalam membantu menghafal.

5. Terus belajar hal-hal baru

Jika seseorang merasa mudah dilupakan, kebanyakan orang suka menyalakannya saat mereka bertambah tua. Meskipun salah satu alasan mengapa seseorang menjadi pelupa adalah karena dia mulai malas belajar hal-hal baru. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menantang diri sendiri, mempelajari hal-hal baru, menghadiri kursus, belajar bahasa baru atau mencari hobi baru. Tetapi pastikan Anda mempelajari hal-hal yang Anda sukai untuk membuat proses belajar terasa menyenangkan.

Nah, berikut adalah lima tips untuk memperkuat memori Universitas Harvard yang terkenal yang telah terbukti efektif. Jika Anda merasa memiliki masalah literasi penyimpanan, artikel ini cocok untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *